Senin, 25 Oktober 2010

Ilmuwan penting dalam sejarah

Georgia baglivi ( 1668-1707 )
Dia adalah seorang ahli anatomi. Giorgia adalah orang pertama yang mengetahui bahwa otot-otot yang menarik tulang berbeda dengan otot-otot yang bekerja pada saluran pencernaan dan alat-alat dalam yang lain.

Claude bernard ( 1813-1870 )
Ia adalah seorang imuwan perancis. Ia menemukan bahwa hanya beberapa tahap pencernaan terjadi dilambung, sisanya terjadi di usus halus.

John Mayow ( 1640-1870 )
Ia adalah seorang dokter yang membuktikan bahwa otot-otot dada dan diagfragma membuat paru-paru merengang dan mengembang seperti pompa angin, saat memasukkan udara.

Karl Landstenier ( 1868-1943 )
Karl Landstenier adalah seorang ilmuwan dari Austria. Beliau menemukan bahwa darah manusia terbagi dalam empat kelompok. Empat kelompok tersebut
Adalah golongan darah A,B,AB,dan O.

Jan Ingehouse ( 1730-1799 )
Jan Ingehouse adalah satu ilmuwan pertama yang meneliti fotosintesis pada tubuhan. Pada tahun 1711.

Joseph Priesly ( 1733-1804)
Menemukan bahwa tumbuhan dapat memberikan oksigen. Ingenhouse melanjutkan penelitian ini. Ia memperlihatkan bahwa tanaman mengambil karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen.

Anton Van Leeuwenhoek
Pada tahun 1670 ilmuwan asal Belanda, Anton Van Leeuwenhoek Menemukan bahwa dalam satu tetes air kolam mengandung 8 juta animakel ( mahluk dan tumbuhan yang sangat kecil ). Ia menggunakan mikroskop tersebut selama hampir 50 tahun.

Robert Hooke
Pada tahun 1665, Robert Hooke asal inggris mengembangkan mikroskop versi baru. Ia menggunakannya untuk meneliti bentuk tumbuhan.

As-Simay
As-Simay adalah seorang yang ahli dalam bidang biologi. Salah satu buku hasil karya beliau yang terkenal adalah Kitabun Nabati Wasy syujjar. Buku ini mengupas masalah biologi, terutama bidang tumbuh-tumbuhan dan pepohonanan.

Ibnul Awwan
Ibnul Awwan adalah seorang yang ahli dalam bidang biologi, khususnya bidang pertanian. Bukunya yang terkenal adalah Al-Fallah.

Al-Jahiz
Al-Jahiz seorang yang ahli dalam bidang biologi, khususnya bidang ilmu hewan. Karyanya yang terkenal adalah Al-Hayawan.

Frist W.Went
Dengan ditemukannya auksin, nama Frits W.Went dipastikan menjadi terkenal. Ia selalu mengamati dan merasa heran mengapa tumbuhan tertentu dapat tumbuh di suatu daerah tertentu, manga tumbuhan mempunyai bentuk khusus sendiri-sendiri, mengapa hanya beberapa pohon saja yang dapat tumbuh di gurun pasir, mengapa tumbuhan tidak tumbuh di tempat yang 100 m lebih jauh dari tempat sekarang?
Pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang menggelitik keingintahuannya. Kemudian,ia menekuni penelitian tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman, melalui serangkaian percobaan, ia menemukan adanya zat pemacu pertumbuhan yang berada di ujung batang dan dapat dirusak oleh cahaya. Ia menamakan zat itu dengan auksin. Setelah menerima gelar doktor. Ia kemudian menetap di Jawa selama lima tahun kemudian mengajar dan melanjutkan hidupnya di california hingga ia wafat tanggal 1 Mei 1990.

Louis Braille ( 1809-1852 )
Louis Braille lahir di Coupvray dekat Perancis, pada tanggal 4 January 1809. Ayahnya seorang pembuat pelana kuda. Pada umur 4 tahun, matanya tertusuk jarum sewaktu ia bermain di tempat kerja ayahnya. Braille pun mengalami kebutaan. Tahun 1821, saat bersekolah khusus untuk penderita tuna netra, seorang prjurit bernama Charles Barbier mengunjungi sekolah tersebut dan menunjukkan suatu kode yang telah ditemukannya. Sistem tersebut dikatakan sebagai “tulisan malam” (night writing). Tulisan ini dirancang khusus untuk tentara perang yang mengunakan kombinasi duabelas titik. Braille muda menyadari sitem ini. Ia pun mengembangkan sistem yang lebih sederhana dengan menggunakan enam titik. Dan tahun 1827, buku yang menggunakan enam titik tersebut, yang kemudian disebut Braille, telah di terbitkan. Sekarang, para penderita buta menggunakan metode tersebut. Pada 6 Januari 1852, Braille meninggal dunia.

George Hoyt Whipple
Goerga Hoyt Whipple lahir pada tanggal 28 Agustus 1878. Penelitian utama yang dilakukan Whipple mempelajari anemia dan meneliti efek dari faktor diet makanan pada anemia. Penelitian ini membuahkan hasil bahwa makanan tambahan pada diet bagi pasien anemia dengan zat hati ini, ia bersama George R.Minot dan William P.Murphy meraih hadiah Nobel Kedokteran pada tahun 1934.

Marcello Malpighi ( 1628-1694 )
Marcello Malpighi lahir 1628 di Crevalcore, dekat Bologna, Italia. Pada tahun 1661 dia mengidentifokasi jaringan kapiler pulmire untuk membuktikan teuri Willian Harvey pada sirkulasi darah. Dia menemukan kuncup pengecap dan pertama kali melihat sel darah merah yang memberikan warna pada darah.
Dia belajar mengenai hati, otak, limpa, tulang, dan lapisan terdalam kulit (lapisan Malphigi), yang menutupi organ terbesar penyusun kelenjar. Malphigi juga mempelajari Larva insekta (khususnya ulat sutera), embriologi ayam, dan anatomi tumbuhan, untuk melihat analogi antara organisasi tumbuhan dan hewan. Dia dihargai karena penemuannya di bidang anatomi mikroskopis yang merupakan penemuan pertama di bidang histologi.

Charles Robert Darwin ( 1809-1882 )
Charles Darwin seorang saintis Inggris yang menemukan teori evolusi modern. Berdasarkan teorinya, Darwin menyatakan bahwa perkembangan semua bentuk kehidupan melalui suatu proses seleksi alam yang berlangsung dalam waktu lama.
Teorinya berpengaruh besar pada kehidupan dan ilmu pengetahuan serta pemikiran modern pada umumnya. Charles Darwin lahir pada Tanggal 12 February 1809 di Shrewbury, Inggris. Pada usia 16 tahun, atas dorongan ayahnya, Darwin sekolah di University of Edinburgh untuk belajar kedokteran. Karena bosan, Darwin keluar kemudian melanjutkan ke Cambridge University tahun 1831, Darwin lulus dan direkomendasikan profesornya untuk mengikuti survei kapal Beagle yang berlayar keliling dunia. Hasil perjalanan tersebut dipublikasikan dalam buku yang berjudul “On the Origin of Species by Means of Natural Selection”(terbentuknya spesies baru karena seleksi alam). Darwin meninggal pada tanggal 19 April 1882 di Downe, Kent, Inggris.

Gregor Johan Mendel ( 1822-1884 )
Gregor Johann Mendel lahir pada tanggal 22 Juli 1822 di Heinzendorf, Austria. Orang tuanya merupakan petani miskin. Setelah dewasa, dia masuk biara St. Thomas di Burn, Cekoslowakia dan melakukan penelitian tentang tanaman kacang terutama kacang ercis (Pisum Satium). Tahun 1866, ia memublikasikan hasil penelitiannya tentang hereditas. Penelitiannya dikenal sebagai hukum hereditas (hukum Mendel). Mendel meninggal di Brunn tanggal 6 januari 1884. Karena jasanya itu beliau dijuluki sebagai Bapak Genetika.
Seorang rahip dari kota Brunn, Australia yaitu Gregor Johann
Mendel (tahun 1822-1884) telah menemukan cara penurunan sifat-sifat dari induk ke anaknya. Dia telah meneliti genetika secara sistematis sehingga pada abad ke-20 penemuan Mendel diakui oleh para ahli biologi. Mendel diakui sebagai peletak prinsip dasar penurunan sifat yang dikenal dengan Hukum Mendel.

Thomas Hunt Morgan
Thomas Hunt Morgan (1911), ahli genetika dan embriologi Amerika, menemukan bahwa faktor-faktor pembawa sifat keturunan yang kemudian diberi nama gen, tersimpan di dalam ruang khusus di dalam Kromosom.

Drimriti mendeleev ( 1834-1907 )
Drimiti Mendeleev adalah seorang kimiawan Rusia yang menemukan tabel periodik unsur. Unsur ke-101 (Md) diberi nama mendelevium sebagai penghargaan atas dirinya.

Cristian Huygens ( 1629-1695 )
Cristian Huygens lahir di Den Haag, Belanda, pada tanggal 14 april 1629 dan meninggal di Den Haag pada tanggal 8 Juli 1695 pada umur 66 tahun.
Huygens adalah seorang pakar matematika, pakar fisika, dan penemu yang menciptakan jam bandul yang pertama. Dia jugalah yang menemukan adanya cincin-cincin di sekeliling planet Saturnus. Di dalam bukunya yang berjudul “Traite’ de la lumie’re” yang diterbitkan pada tahun 1690, ia menolak teori partikel cahaya. Ia menyimpulkan bahwa karena cahaya bergetar begitu cepat, tentu cahay itu lebih tepat dikatakan terdiri atas gelombang, bukan partikel. Dalam “Prinsip Huygens”, ia menunjukkan bahwa setiap titik yang ada pada sebuah gelombang dapat dianggap menghasilkan gelombang-gelombang kecil (wavelets), yang bergabung bersama untuk membentuk sebuah garis batang gelombang (wave-front).


J.J. Thomson ( 1856-1940 )
Thomson mengungkapkan bahwa setiap atom terdiri atas sejumlah muatan positif untuk menyeimbangkan muatan negatifnya.

Sir Isaac Newton ( 1642-1727)
Sir Isaac Newton FRS (lahir di Woolsthorpe-by-Colsterworth, Lincolnshire, 4 Januari 1643 – meninggal 31 Maret 1727 pada umur 84 tahun; KJ: 25 Desember 1642 – 20 Maret 1727) adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiwan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Ia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik. Karya bukunya Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica yang diterbitkan pada tahun 1687 dianggap sebagai buku paling berpengaruh sepanjang sejarah sains. Buku ini meletakkan dasar-dasar mekanika klasik. Dalam karyanya ini, Newton menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad. Newton berhasil menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda-benda luar angkasa lainnya diatur oleh sekumpulan hukum-hukum alam yang sama. Ia membuktikannya dengan menunjukkan konsistensi antara hukum gerak planet Kepler dengan teori gravitasinya. Karyanya ini akhirnya menyirnakan keraguan para ilmuwan akan heliosentrisme dan memajukan revolusi ilmiah.
Dalam bidang mekanika, Newton mencetuskan adanya prinsip kekekalan momentum dan momentum sudut. Dalam bidang optika, ia berhasil membangun teleskop refleksi yang pertama dan mengembangkan teori warna berdasarkan pengamatan bahwa sebuah kaca prisma akan membagi cahaya putih menjadi warna-warna lainnya. Ia juga merumuskan hukum pendinginan dan mempelajari kecepatan suara.
Dalam bidang matematika pula, bersama dengan karya Gottfried Leibniz yang dilakukan secara terpisah, Newton mengembangkan kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Ia juga berhasil menjabarkan teori binomial, mengembangkan "metode Newton" untuk melakukan pendekatan terhadap nilai nol suatu fungsi, dan berkontribusi terhadap kajian deret pangkat.
Sampai sekarang pun Newton masih sangat berpengaruh di kalangan ilmuwan. Sebuah survei tahun 2005 yang menanyai para ilmuwan dan masyarakat umum di Royal Society mengenai siapakah yang memberikan kontribusi lebih besar dalam sains, apakah Newton atau Albert Einstein, menunjukkan bahwa Newton dianggap memberikan kontribusi yang lebih besar.
Masa-masa Awal
Isaac Newton dilahirkan pada tanggal 4 Januari 1643 [KJ: 25 Desember 1642] di Woolsthorpe-by-Colsterworth, sebuah hamlet (desa) di county Lincolnshire. Pada saat kelahirannya, Inggris masih mengadopsi kalender Julian, sehingga hari kelahirannya dicatat sebagai 25 Desember 1642 pada hari Natal. Ayahnya yang juga bernama Isaac Newton meninggal tiga bulan sebelum kelahiran Newton. Newton dilahirkan secara prematur; dilaporkan pula ibunya, Hannah Ayscough, pernah berkata bahwa ia dapat muat ke dalam sebuah cangkir (≈ 1,1 liter). Ketika Newton berumur tiga tahun, ibunya menikah kembali dan meninggalkan Newton di bawah asuhan neneknya, Margery Ayscough. Newton muda tidak menyukai ayah tirinya dan menyimpan rasa benci terhadap ibunya karena menikahi pria tersebut, seperti yang tersingkap dalam pengakuan dosanya: "Threatening my father and mother Smith to burn them and the house over them."
Berdasarkan pernyataan E.T. Bell (1937, Simon and Schuster) dan H. Eves:
“ Newton memulai sekolah saat tinggal bersama neneknya di desa dan kemudian dikirimkan ke sekolah bahasa di daerah Grantham dimana dia akhirnya menjadi anak terpandai di sekolahnya. Saat bersekolah di Grantham dia tinggal di-kost milik apoteker lokal yang bernama William Clarke. Sebelum meneruskan kuliah di Universitas Cambridge pada usia 19, Newton sempat menjalin kasih dengan adik angkat William Clarke, Anne Storer. Saat Newton memfokuskan dirinya pada pelajaran, kisah cintanya dengan menjadi semakin tidak menentu dan akhirnya Storer menikahi orang lain. Banyak yang menegatakan bahwa dia, Newton, selalu mengenang kisah cintanya walaupun selanjutnya tidak pernah disebutkan Newton memiliki seorang kekasih dan bahkan pernah menikah. ”
Sejak usia 12 hingga 17 tahun, Newton mengenyam pendidikan di sekolah The King's School yang terletak di Grantham (tanda tangannya masih terdapat di perpustakaan sekolah). Keluarganya mengeluarkan Newton dari sekolah dengan alasan agar dia menjadi petani saja, bagaimanapun Newton tidak menyukai pekerjaan barunya. Kepala sekolah King's School kemudian meyakinkan ibunya untuk mengirim Newton kembali ke sekolah sehingga ia dapat menamatkan pendidikannya. Newton dapat menamatkan sekolah pada usia 18 tahun dengan nilai yang memuaskan.
Pada Juni 1661, Newton diterima di Trinity College Universitas Cambridge sebagai seorang sizar (mahasiswa yang belajar sambil bekerja). Pada saat itu, ajaran universitas didasarkan pada ajaran Aristoteles, namun Newton lebih memilih untuk membaca gagasan-gagasan filsuf modern yang lebih maju seperti Descartes dan astronom seperti Copernicus, Galileo, dan Kepler. Pada tahun 1665, ia menemukan teorema binomial umum dan mulai mengembangkan teori matematika yang pada akhirnya berkembang menjadi kalkulus. Segera setelah Newton mendapatkan gelarnya pada Agustus 1665, Universitas Cambridge ditutup oleh karena adanya Wabah Besar. Walaupun dalam studinya di Cambridge biasa-biasa saja, studi privat yang dilakukannya di rumahnya di Woolsthorpe selama dua tahun mendorongnya mengembangkan teori kalkulus, optika, dan hukum gravitasi. Pada tahun 1667, ia kembali ke Cambridge sebagai pengajar di Trinity.
Masa Dewasa
Kebanyakan ahli sejarah percaya bahwa Newton dan Leibniz mengembangkan kalkulus secara terpisah. Keduanya pula menggunakan notasi matematika yang berbeda pula. Menurut teman-teman dekat Newton, Newton telah menyelesaikan karyanya bertahun-tahun sebelum Leibniz, namun tidak mempublikasikannya sampai dengan tahun 1693. Ia pula baru menjelaskannya secara penuh pada tahun 1704, manakala pada tahun 1684, Leibniz sudah mulai mempublikasikan penjelasan penuh atas karyanya. Notasi dan "metode diferensial" Leibniz secara universal diadopsi di Daratan Eropa, sedangkan Kerajaan Britania baru mengadopsinya setelah tahun 1820. Dalam buku catatan Leibniz, dapat ditemukan adanya gagasan-gagasan sistematis yang memperlihatkan bagaimana Leibniz mengembangkan kalkulusnya dari awal sampai akhir, manakala pada catatan Newton hanya dapat ditemukan hasil akhirnya saja. Newton mengklaim bahwa ia enggan mempublikasi kalkulusnya karena takut ditertawakan. Newton juga memiliki hubungan dekat dengan matematikawan Swiss Nicolas Fatio de Duillier. Pada tahun 1691, Duillie merencanakan untuk mempersiapaan versi baru buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica Newton, namun tidak pernah menyelesaikannya. Pada tahun 1693 pula hubungan antara keduanya menjadi tidak sedekat sebelumnya. Pada saat yang sama, Duillier saling bertukar surat dengan Leibniz.
Pada tahun 1699, anggota-anggota Royal Society mulai menuduh Leibniz menjiplak karya Newton. Perselisihan ini memuncak pada tahun 1711. Royal Society kemudian dalam suatu kajian memutuskan bahwa Newtonlah penemu sebenarnya dan mencap Leibniz sebagai penjiplak. Kajian ini kemudian diragukan karena setelahnya ditemukan bahwa Newton sendiri yang menulis kata akhir kesimpulan laporan kajian ini. Sejak itulah bermulainya perselisihan sengit antara Newton dengan Leibniz. Perselisihan ini berakhir sepeninggal Leibniz pada tahun 1716.
Newton umumnya diakui sebagai penemu teorema binomial umum yang berlaku untuk semua eksponen. Ia juga menemukan identitas Newton, metode Newton, mengklasifikasikan kurva bidang kubik, memberikan kontribusi yang substansial pada teori beda hingga, dan merupakan yang pertama untuk menggunakan pangkat berpecahan serta menerapkan geometri koordinat untuk menurunkan penyelesaian persamaan Diophantus.
Ia dipilih untuk menduduki jabatan Lucasian Professor of Mathematics pada tahun 1669. Pada saat itu, para pengajar Cambridge ataupun pengajar Oxford haruslah seorang pastor Anglikan yang telah ditahbiskan. Namun, jabatan profesor Lucasian mengharuskan pula pejabatnya tidak aktif dalam gereja. Oleh karena itu, Newton berargumen bahwa ia seharusnyalah dibebaskan dari keharusan penahbisan. Raja Charles II menerima argumen ini dan memberikan persetujuan, sehingga konflik antara pandangan keagamaan Newton dengan gereja Anglikan dapat dihindari.
Optika
Dari tahun 1670 sampai dengan 1672, Newton mengajar bidang optika. Semasa periode ini, ia menginvestigasi refraksi cahaya, menunjukkan bahwa kaca prisma dapat membagi-bagi cahaya putih menjadi berbagai spektrum warna, serta lensa dan prisma keduanya akan menggabungkan kembali cahaya-cahaya tersebut menjadi cahaya putih.
Daftar karya Newton
•Method of Fluxions (1671)
•De Motu Corporum (1684)
•Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica (1687)
•Opticks (1704)
•Reports as Master of the Mint (1701-1725)
•Arithmetica Universalis (1707)
•An Historical Account of Two Notable Corruptions of Scripture(1754)
Zanobe Theophile Gramme ( 1826-1910 )
Yang berasal dari Belgia menciptakan dinamo pertama pada 1870. Oleh karena itu, dinamo ini dinamakan dengan dinamo Gramme. Dinamo ini menghasilkan arus searah.

William Gilbert ( 1544-1603 )
Beliau adalah Ilmuwan yang menyelidiki reaksi terhadap benda seperti kertas dan batu amber setelah digosok dengan bahan wol. Beliau merupakan orang pertama yang mengunakan kata “listrik” yang ditulis dalam bukunya De magneter. Hasil penelitian-penelitian berikutnya dalam mengembangkan teknologi listrik magnet sehingga ia disebut Bapak Listrik Modern.


Galileo Galilei ( 1564-1642 )
Galileo Galilie, Seorang sarjana Italia, adalah salah satu fisikawan modern pertama. Ia melakukan percobaan dengan benda yang jatuh menggelinding menuruni tempat yang terjal. Walaupun mungkin ia belum memahami apapun tentang energi, tampaknya ia merasakan adanya gagasan mengenai energi potensial. Galileo merumuskan hukum-hukum yang mengatur gerak benda yang sedang jatuh bebas. Selain itu, dia juga menyusun konsep tentang gerak relatif, menemukan termometer, dan mengembangkan penggunaan gerak bandul untuk mengukur selang waktu.
Setelah merancang dan membangun teleskop atas namanya sendiri, Galileo menemukan keempat bulan yang mengelilingi Jupiter, mengetahui bahwa permukaan bulan tidak rata, menyelidiki bintik matahari dan fase-fase Venus, serta menunjukkan bahwa galaksi Bima Sakti terdiri dari sejumlah besar bintang.
Galileo menerbitkan bukti yang membela pendapat Nicolaus Copernicus bahwa matahari adalah pusat tata surya (sistem heliosentris). Karyanya ini menimbulkan kemarahan pihak gereja yang menganut sistem geosentris. Galileo dihukum penjara seumur hidup di Vilanya di kota Arcetri, dekat Florence, Italia oleh gereka. Ia meninggal pada tahun 1642.

Herman Von Helmholtz ( 1821-1894 )
Pada 1847 ilmuwan jerman bernama Herman Von Helmholtz menjadi orang pertama yang menjelaskan kekekalan energi dengan gemilang. Ia mengatakan bahwa segala energi alamiah bersifat “hidup” ( energi gerak ) atau “tersimpan” ( energi potensial ) dan dapat saling dipertukarkan. Kata energi baru diberi makna ilmiah seperti sekarang sejak pertengahan abad ke-19.

Otto Von Guericke
Pada 1654 Otto Von Guericke, Walikota magdeburg, jerman, membuat demontrasi yang menakjubkan mengenai tekanan udara. Ia membuat dua mangkuk tembaga besar yang jika ditelungkupkan satu sama lain akan membentuk bola yang didalamnya kosong. Apabila udara didalam bola itu dipompa keluar, udara yang menekan permukaan luar bola tembaga itu membuat kedua mangkuk saling tertangkap begitu erat sehingga tidak mungkin dipisahkan, bahkan dengan menggantunkan beban berat pada bagian bawah mangkuk sekalipun. Apabila udara dibiarkan masuk ke dalam bola sehingga tekanan udara didalamnya normal kembali, kedua mangkuk itu pun langsung saling terlepas dengan mudah.

Neils Bohr ( 1885-1962 )
Neils Bohr, berhasil meraih Nobel Pada tahun 1922 berkat hasil karyanya mengenai struktur atom

James Watt ( 1736-1819 )
James dilahirkan pada 19 Januari 1736 disebuah kota kecil Greenock, Scotlandia. Semasa kecil kondisi badannya sangat lemah sehingg ia tidak disekolahkan di sekolah umum. Ibunya mengajarkan membaca sedang ayahnya mengajarkan menulis dan berhitung. Sejak kecil bakatnya di bidang permesinan sudah tampak.
James senang bercerita tentang hasrat keinginannya untuk maju dan tengtang pemikiran-pemikiran inovatif. Sewaktu kecil James betah duduk berjam-jam mengamati uap air yang keluar dari ceret yang berisi air mendidih. Ia berfikir terus tentang uap air dari ceret ini.
Kemiskinan memaksa James harus mencari nafkah pada usia 18 tahun. Sambil dapat bekerja dibengkel, james juga mengikuti kursus keterampilan agar kelak dapat membuka bengkel sendiri.
Kemudian James ditolong oleh seorang Profesor dari Universitas Glasgow. Selain mendapat ruangan untuk dijadikan bengkel dia juga mendapatkan sekelompok mahasiswa sebagai teman diskusi, yang membantu mengembangkan minat intelektual James. Sebagian besar diskusi mereka terpusat pada kemungkinan dibuatnya sebuah mesin uap.
Ide mesin uap bukannlah hal baru. Ide ini telah dikemukakan oleh Hero, seorang ahli Sains Yunani yang hidup pada masa 100 tahun SM. Ia mengamati bahwa mengembangnya uap air dapat digunakan untuk menghasilkan energi guna menggerakkan atau memutar sebuah benda. Pada massa James juga sudah ada beberapa mesin uap sederhana. Ia mempelajari mesin-mesin terdahulu ini dan bekerja tekun tanpa kenal lelah untuk membuat mesin-mesin uap itu lebih efisien dan dapat dipakai sebagai penggerak berbagai macam mesin.
Bekerja sama dengan seorang pengusaha bernama Matthew Boulton, James pada tahun 1769 selesai membuat mesin uapnya yang pertama, yang jauh lebih efisien daripada mesin-mesin uap sebelumnya. Mesin ini membantu para pekerja tambang untuk mengeluarkan air dari tambang batu bara. Pesanan segera mengalir, perusahaan Boulton dan Watt berkembang dengan pesat. James segera terkenal ke seluruh Eropa dan segera menjadi kaya raya.
Tahun 1819, James Watt meninggal dunia dalam usia 83 tahu. Beliau yang pertama kali. memperkenalkan istilah watt dan horsepower (hp) untuk menyatakan daya suatu mesin. Watt digunakan sebagai satuan daya untuk megenang jasa beliau.

Archimedes ( 287-212 SM )
Archimedes dilahirkan di kota Sirakusa, pulau Sisilia, di dekat Italia. Ia adalah seorang insinyur dan penemu terbesar pada zaman yunani kuno. Ia adalah ahli matematika, fisika, optika, astronomi, pengarang, dan penemu. Ia mendapat julukan bapak IPA eksperimental karena semua penemuannya ia buktikan dengan eksperimen.
Archimedes adalah sahabat Hieron II, yaitu seorang raja di Sirakusa pada waktu itu. Pada suatu hari raja menyuruh seorang pandai emas untuk membuat mahkota. Raja menduga bahwa mahkota tersebut bukan terbuat dari emas murni. Untuk membuktikan kecurangan pandai emas, raja menyuruh Archimedes untuk membuktikannya.
Archimedes memikirkan masalah ini dengan keras. Ketika kepalanya panas karena terlalu banyak berfikir ia melepaskan bajunya dan menceburkan diri ke dalam bak mandi umum yang penuh dengan air. Ia memperhatikan ada air yang tumpah ke lantai dan seketika itu pula ia menemukan jawabannya. Ia segera bangkit berdiri, lupa mengenakan bajunya, ia berlari sepanjang jalan ke rumahnya dengan telanjang bulat. Setiba dirumah ia berteriak kepada istrinya, “Eureka! Eureka! “ yang berarti “sudah kutemukan! Sudah kutemukan!”. Apa yang ditemukannya? Ia menemukan hukum Archimedes.
Dengan menggunakan hukum ini ia akan membuktikan apakah mahkota raja murni emas atau telah dicampur dengan perak. Ia menimbang emas murni seberat mahkota raja, lalu dimasukkannya emas itu ke dalam baskom yang penuh air. Air yang meluap ditampung dan ditimbang. Cara yang sama dilakukan terhadap mahkota raja. Ternyata air yang meluap dari baskom kedua lebih banyak dari pada air yang meluap pada baskom pertama. Berdasarkan hal itu, Archimedes dapat membuktikan bahwa mahkota raja tidak terbuat dari emas murni, dan tukang yang membuat mahkota raja dihukum mati.
Beberapa penemuan Archimedes. Pertama, Archimedes lah yang pertama kali mendemonstrasikan secara matematis bahwa nilai perbandingan antara kuasa yang diberikan dan beban yang dinaikkan sama dengan kebalikan dari nilai perbandingan antara jarak kuasa dan beban dari titik tumpu tuas. Archimedes bahkan dengan bangga menyatakan bahwa seandainya ia dapat berdiri di suatu tempat yang jaraknya cukup, ia dapat menggunakan tuas untuk menggerakkan bumi. Kedua, Archimedes suatu waktu menulis surat kepada Raja Herion II bahwa ia telah menemukan sebuah mesin. Mesin dapat mengangkat benda berat yang besar hanya dengan gaya (kuasa) yang sangat kecil. Hal ini didemonstrasikannya dengan menarik sebuah kapal sendirian saja. Mesin yang ditemukan oleh Archimedes ini tidak lain adalah sistem katrol atau takal. Ketiga, Satu dari pompa awal dalam peradaban kuno berkaitan dengan Archimedes. Pompa ini terdiri dari beberapa bagian heliks (sejumlah sekrup ulir berbentuk spiral) yang berputar dalam sebuah tabung tertutup. Pompa ini digunakan untuk menaikkan air guna keperluan irigasi (pengairan).
Pompa air buatan Archimedes yang berdasarkan prinsip sekrup ini berasal dari peradaban kuno (250 tahun sebelum masehi) dan telah dipakai secara luas selama berabad-abad untuk menaikkan air irigasi dan untuk pengeringan tanah. Karena kuat dan konstruksinya sederhana, pompa ini memiliki keuntungan, yaitu dapat memindahkan air yang mengandung lumpur, pasir, kerikil, dan bahkan puing yang lebih besar. Penemuan lainnya adalah suatu rancangan model planetarium yang dapat menunjukkan gerak matahari, bulan, planet-planet, dan kemungkinan konstelasi di langit.
Dalam bidang matematika, pendekatan Archimedes terhadap nilai π adalah lebih teliti daripada pendekatan oleh ilmuwan sebelumnya, nilai itu di antara 223/71 dan 220/70. Nilai rata-rata dari kedua angka ini hanya lebih kecil 0,003 daripada nilai pendekatan modern untuk π.
Archimedes sungguh seorang ilmuwan zaman kuno yang paling hebat. Dapat di katakana bahwa ia adalah ilmuwan terbesar sebelum Newton. Ia terbunuh pada tahun 212 SM ketika bangsa Romawi menaklukkan kotanya.

Hendrich R Hertz ( 1857-1894 )
Hendrik R Hertz dilahirkan di Hamburg, Jerman. Dia membuka jalan bagi perkembangan konsep getaran hingga radio, televisi, dan perkembangan perangkat eletronika. Dia menunjukkan bahwa gelombang cahaya dan gelombang elektromagnet adalah identik.

Al Farabi
Al Farabi juga ahli di bidang Fisika dan Filsafat. Nama lengkapnya Abu Narsh Muhammad bin Muhammad bin Turkham bin Awzalagh Al Faraby. Beliau pencipta alatmusik yang disebut Al Qonun, tetapi orang barat menyebutnya piano. Karyanya yang lain ialah On Vacum, dan Against Astrologi.

Ibnu Haytam
Selain ahli di bidang fisika, beliau juga ahli dibidang matematika. Nama lengkapnya Abu Ali Hasan bin Al Haytam Al Basri Al Misri. Beliau seorang pakar fisika di kalangan umat islam. Karya-karnya yang terkanal Fil Marayal Mughiraq bil Kutu, dan On Twilight.

James Prescott Joule
James Prescott Joule adalah ahli fisika inggris. Ia lahir di selford, Inggris, pada tanggal 24 Desember 1818. James Prescott Joule tidak pernah duduk di bangku sekolah sampai umur 17 tahun karena sering sakit-sakitan sehingga ia terpaksa belajar dirumah. Ayahnya membelikan semua buku yang diperlukannya dan menyediakan sebuah laboratorium.
Pada usia 17 tahun,ia baru mengalami rasanya duduk di bangku sekolah. Selain rajin belajar, Joule rajin juga mengadakan eksperimen dan menulis buku tentang panas yang dihasilkan oleh listrik volta. Tiga tahun kemudian ia menerbitkan buku tentang ekuivalen mekanik panas dan empat tahun kemudian menerbitkan buku tentang hubungan dan kekekalan energi. Nama Joule kemudian dipakai sebagai nama satuan energi.

Thomas Young ( 1773-1829 )
Thomas Young adalah ahli fisika Inggris, penemu teori gelombang cahaya. Young lahir di Milverton, Somerset, inggris, Pada tanggal 13 Juni 1773 dan meninggal di London pada tanggal tanggal 10 Mei 1829, pada umur 56 tahun.
Young mengikuti kuliah di Universitas Edinburgh lalu pergi ke Jerman dan mendapat gelar dari Universitas Gottingen pada umur 23 tahun. Pada waktu mahasiswa ia menemukan bahwa lensa mata berubah bentuknya, menjadi pipih atau cembung, sesuai dengan jarak benda yang dilihat.
Pada tahun 1801, Young mengadakan eksperimen yang kemudian terkenal dengan nama percobaan Young. Dari percobaan ini, Young menemukan hukum interferensi cahaya. Dengan penemuannya ia berhasil membuktikan bahwa cahaya adalah gelombang.


Charles Augustine de Coulumb ( 1736-1806 )
Charles dilahirkan di kota Angouleme, Perancis. Ia adalah salah seorang pelopor penelitian di bidang kelistrikan. Pada tahun 1777 ia menemukan alat untuk mengukur gaya tarik magnet. Dengan penemuannya ini, Charles dapat merumuskan hukum yang sekarang kita kenal dengan nama hukum Coulumb. Setelah terjadinya Revolusi Prancis tahun 1789, charles meneruskan penelitiannya dibidang kemagnetan, gesekan, dan terutama kelistrikan. Selanjutnya, ia membantu pemerintah untuk menyusun sistim metrik. Untuk mengenang jasa-jasanya, besaran muatan listrik diberi satuan menurut namanya, yaitu coulomb (C).

Georg Simon Ohm ( 1787-1854 )
Ohm adalah seorang fisikawan Jerman. Ia dilahirkan di berlangen dan menyelesiakan studinya di University of Erlagen. Antara tahun 1833 hingga 1894 ia menjadi ketua Polytechnic Institute of Nurnberg. Sejak 1852 hingga wafat Ohm menjadi profesor fisika eksperimen di University of Munich. Rumusannya tentang hubungan antara kuat arus, gaya gerak listrik, dan hambatan merupakan dasar bagi pemahaman kita mengenai aliran listrik, dan hambatan merupakan dasar bagi pemahaman kita mengenai alran listrik. Namanya diabadikan sebagai satuan hambatan listrik untuk menghormati jasa-jasanya.

Andre Marie Ampere ( 1775-1836 )
Amper adalah seorang ilmuwan Prancis serba bisa yang menjadi alah satu pelopor di bidang listrik dinamis (eletrodinamika). Ia dilahirkan di Polemieux-au-Mont-d’Or, dekat kota Lyon. Namanya diabadikan sebagai satuan kuat arus listrik untuk menghormati jasa-jasanya. Ampere adalah orang pertama yang mengembangkan alat untuk mengukur besaran-besaran listrik. Selain itu, ia juga orang pertama yang mengamati bahwa dua batang konduktor yang diletakkan berdampingan dan keduanya mengalir arus listrik searah akan saling tarik menarik sedangkan jika berlawanan arah akan saling tolak.
Seperti kebanyakan orang jenius lainnya, Ampere juga menderita kelinglungan. Banyak cerita seputar kelinglungan Ampere, seperti misalnya ketika ia lupa bahwa mendapat kehormatan dijamu oleh Kaisar Napoleon. Kehidupan pribadi Ampere penuh dengan kepiluan. Ayahnya meninggal oleh pisau gulotin saat berlangsungnya Revolusi Prancis. Ia sendiri meninggal pada usia 61 tahu akibat pneumonia.


Hans Chirstian Oersted ( 1777-1851 )
Oersted adalah seorang ahli fisika dan kimia Denmark. Ia dilahirkan di kota Rudkobing. Oersted menyelesaikan pendidikannya di Universitas Copenhagen dan melanjutkan pengabdiannya di sana hingga akhirnya pada tahun 1806 ia diangkat menjadi profesor fisika. Pada tahun 1819 Oersted mengamati bahwa magnet jarum yang diletakkan dibawah penghantar yang dialiri arus listrik ternyata menyimpang secara tegak lurus. Penemuan inilah yang mengawali penelitian tentang hubungan listrik dan magnet (elektromagnetika). Selain sumbangannya memelopori bidang tersebut, Oersted juga merupakan orang pertama yang menemukan cara untuk memurnikan aluminium dari bijih bauksit.

Michael Faraday ( 1791-1867 )
Michael dilahirkan pada tanggal 22 September 1791 di dekat kota London. Ia adalah putera seorang pandai besi. Keluarga Michael sangat miskin sehingga sejak berusia 13 tahun ia sudah bekerja. Untungnya, ia bekerja di sebuah toko buku. Di sana ia dapat bekerja sambil belajar. Ia sangat tekun dalam bekerjamaupun belajar. Sepulang bekerja, Michael selalu menyempatkan diri untuk melanjutkan pelajarannya di Royal Institution, London. Ia sangat mengagumi gurunya disana, yaitu Sir Humprey Davy. Sejak tahun 1813 ia menjadi asisten laboratorium beliau.
Michael mungkin adalah seorang fisikawan eksperimen terbesar yang pernah dunia kenal. Ia menemukan bahan bakar bensin, motor listrik, dinomo, dan transformator. Selain itu, ia juga menemukan induksi eletromagnet dan hukum elektrolis. Ide tentang adanya garis-garis gaya (listrik dan magnet) pertama kali dikemukakan olehnya. Berkat penemuan-penemuan itu, ia sering disebut sebagai Bapak kelistrikan.
Michael Faraday dikenal sebagai orang yang sopan, baik dan murah hati, serta seorang guru yang bersemangat. Ia termaksud salah seorang pelopor yang mencoba merpekenalkan ilmu pengetahuan kepada orang awam. Pada tahun 1826 ia memelopori pemberian pelajaran tentang ilmu pengetahuan kepada anak-anak di Royal Institution.

Johannes kepler ( 1571-1630 )
Kepler terkenal berkat usahanya mengembangkan hukum pergerakan planet. Hukum ini dibangun berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Tycho Brahe. Kepler sangat memercayai ilmu mistik Yunani kuno sepanjang hidupnya. Misalnya, ia percaya pada ‘alunan musik bola’ yang dikemukakan oleh Pythagoras. Menurut Pythagoras, setiap planet mengeluarkan bunyi-bunyian yang menyerupai musik dalam pergerakannya. Kepler menghabiskan beberapa tahun untuk mengembangkan teori mengenai pergerakan planet. Ia berkesimpulan bahwa teori Copernicus mengenai orbit melingkar Planet harus ditinggalkan. Orbit planet berbentuk elips dengan matahari berada disalah satu titik fokusnya.

Murray Gell-Mann dan Georg Zweig
Pada tahun 1963, Fisikawan Amerika Murray Gell-Mann dan Georg Zweig, menyatakan gagasan berikut. Partikel-partikel elementer, seperti proton dan neutron, tersusun dari kuark dengan berbagai kombinasi. Ada empat jenis kuark yang berbeda yaitu up, down, strange, dan charmed. Ukuran kuark sendiri sekitar 1.000 kali lebih kecil daripada proton.

Ernest Rutherford
Menurut Ernest Rutherford, dalam atom elektron bergerak mengelilingi inti atom yang disebut proton. Pada tahun 1932, salah seorang murid Rutherford, James Chadwick, menemukan adanya partikel lain di dalam inti atom. Partikel itu dikenal sebagai neutron.

Robert Gustav Kirchoff ( 1824-1887 )
Robert Gustav Kirchoff seorang fisikawan berkebangsaan jerman yang pertama kali mengemukakan Hukum I Kirchoff. Hukum I Kirchoff berbunyi “jumlah kuat arus listrik yang meninggalkan titik percabangan”.

Allesandro Volta
Elemen Volta dikembangkan pertama kali oleh Fisikawan Italia Bernama Allesandro Volta dengan menggunakan sebuah bejana yang diisi larutan asam sulfat (H2SO4) dan dua logam tembaga (Cu) dan seng (Zn).

Hendrik Anton Lorentz ( 1853-1928 )
Hendrik Anton Lorenzt adalah seorang ilmuwan Belanda yang pertama kali menemukan Hubungan antara arus listrik, medan magnet tetap, dan gaya magnet. Dalam penyelidikannya Lorentz menyimpulkan bahwa besar gaya yang ditimbulkan berbanding lurus dengan kuat arus, kuat medan magnet, panjang kawat dan sudut yang dibentuk arah arus listrik dengan arah medan magnet. Untuk menghargai jasa penemuan H.A. Lorentz, gaya tersebut disebut gaya Lorentz.

Evangista Torricelli ( 1608-1647)
Evangista Toricelli, Fisikawan Italia, kelahiran Faenza dan belajar di Sapienza College Roma. Ia menjadi Sekretaris Galileo selama 3 bulan sampai Galileo wafat pada tahun 1641. Tahun !624 ia menjadi professor matematika di Florence. Pada tahun 1643 ia menetapkan tentang tekana atmosfer dan menemukan alat untuk mengukurnya, yaitu barometer, pada tahun 1643.

Ibnu Sina ( 980 M/370 H-1037 M/428 H )
Ibnu sina dilahirkan pada tahun 980 M/370 H di Afganistan. Ibnu Sina dikenal juga sebagai Avicenna di Dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia. Ia juga seorang penulis yang produktif dimana sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan. Bagi banyak orang, beliau adalah "Bapak Pengobatan Modern" dan masih banyak lagi sebutan baginya yang kebanyakan bersangkutan dengan karya-karyanya di bidang kedokteran. Karyanya yang sangat terkenal adalah Qanun fi Thib yang merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad.
Ibnu Sina bernama lengkap Abū ‘Alī al-Husayn bin ‘Abdullāh bin Sīnā (Persia ابوعلى سينا Abu Ali Sina atau dalam tulisan arab : أبو علي الحسين بن عبد الله بن سينا). Ibnu Sina lahir pada 980 di Afsyahnah daerah dekat Bukhara, sekarang wilayah Uzbekistan (kemudian Persia), dan meninggal pada bulan Juni 1037 di Hamadan, Persia (Iran).
Dia adalah pengarang dari 450 buku pada beberapa pokok bahasan besar. Banyak diantaranya memusatkan pada filosofi dan kedokteran. Dia dianggap oleh banyak orang sebagai "bapak kedokteran modern." George Sarton menyebut Ibnu Sina "ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang, tempat, dan waktu." pekerjaannya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine, dikenal juga sebagai sebagai Qanun (judul lengkap: Al-Qanun fi At Tibb).
. Beliau dibesarkan di lembah sungai Dajlah dan Furat, di tepi selatan Laut Kaspia, Kawasan Bukhara. Beliau adalah ilmuwan muslim di bidang kedokteran, biologi, dan filsafat. Ia belajar sejak usia 5 tahun.Dalam dunia kedokteran Ibnu Sina dinobatkan sebagai Father of Docter ( Bapak Kedokteran ).
Awal Kehidupan
Kehidupannyan dikenal lewat sumber - sumber berkuasa. Suatu autobiografi membahas tiga puluh tahun pertama kehidupannya, dan sisanya didokumentasikan oleh muridnya al-Juzajani, yang juga sekretarisnya dan temannya.
Ibnu Sina lahir pada tahun 370 (H) / 980 (M) di rumah ibunya Afshana, sebuah kota kecil sekarang wilayah Uzbekistan (bagian dari Persia). Ayahnya, seorang sarjana terhormat Ismaili, berasal dari Balkh Khorasan, dan pada saat kelahiran putranya dia adalah gubernur suatu daerah di salah satu pemukiman Nuh ibn Mansur, sekarang wilayah Afganistan (dan juga Persia). Dia menginginkan putranya dididik dengan baik di Bukhara.
Meskipun secara tradisional dipengaruhi oleh cabang Islam Ismaili, pemikiran Ibnu Sina independen dengan memiliki kepintaran dan ingatan luar biasa, yang mengizinkannya menyusul para gurunya pada usia 14 tahun.
Ibn Sina dididik dibawah tanggung jawab seorang guru, dan kepandaiannya segera membuatnya menjadi kekaguman diantara para tetangganya; dia menampilkan suatu pengecualian sikap intellectual dan seorang anak yang luar biasa kepandaiannya / Child prodigy yang telah menghafal Al-Quran pada usia 5 tahun dan juga seorang ahli puisi Persia. Dari seorang pedagan sayur dia mempelajari aritmatika, dan dia memulai untuk belajar yang lain dari seorang sarjana yang memperoleh suatu mata pencaharian dari merawat orang sakit dan mengajar anak muda.
Meskipun bermasalah besar pada masalah - masalah metafisika dan pada beberapa tulisan Aristoteles. Sehingga, untuk satu setengah tahun berikutnya, dia juga mempelajari filosofi, dimana dia menghadapi banyak rintangan. pada beberapa penyelidikan yang membingungkan, dia akan meninggalkan buku - bukunya, mengambil air wudhu, lalu pergi ke masjid, dan terus salat sampai hidayah menyelesaikan kesulitan - kesulitannya. Pada larut malam dia akan melanjutkan kegiatan belajarnya, menstimulasi perasaannya dengan kadangkala segelas susu kambing, dan meskipun dalam mimpinya masalah akan mengikutinya dan memberikan solusinya. Empat puluh kali, dikatakan, dia membaca Metaphysics dari Aristoteles, sampai kata - katanya tertulis dalam ingatannya; tetapi artinya tak dikenal, sampai suatu hari mereka menemukan pencerahan, dari uraian singkat oleh Farabi, yang dibelinya di suatu kedai buku seharga tiga dirham. Yang sangat mengagumkan adalah kesenangannya pada penemuan, yang dibuat dengan bantuan yang dia harapkan hanya misteri, yang mempercepat untuk berterima kasih kepada Allah SWT, dan memberikan sedekah atas orang miskin.
Dia mempelajari kedokteran pada usia 16, dan tidak hanya belajar teori kedokteran, tetapi melalui pelayanan pada orang sakit, melalui perhitungannya sendiri, menemukan metode - metode baru dari perawatan. Anak muda ini memperoleh predikat sebagai seorang fisikawan pada usia 18 tahun dan menemukan bahwa "Kedokteran tidaklah ilmu yang sulit ataupun menjengkelkan, seperti matematika dan metafisika, sehingga saya cepat memperoleh kemajuan; saya menjadi dokter yang sangat baik dan mulai merawat para pasien, menggunakan obat - obat yang sesuai." Kemasyuran sang fisikawan muda menyebar dengan cepat, dan dia merawat banyak pasien tanpa meminta bayaran.
Pekerjaan pertamanya menjadi fisikawan untuk emir, yang diobatinya dari suatu penyakit yang berbahaya. Majikan Ibnu Sina memberinya hadiah atas hal tersebut dengan memberinya akses ke perpustakaan raja Samanids, pendukung pendidikan dan ilmu. Ketika perpustakaan dihancurkan oleh api tidak lama kemudian, musuh - musuh Ibnu Sina menuduh din oa yang membakarnya, dengan tujuan untuk menyembunyikan sumber pengetahuannya. Sementara itu, Ibnu Sina membantu ayahnya dalam pekerjaannya, tetapi tetap meluangkan waktu untuk menulis beberapa karya paling awalnya.
Ketika Ibnu Sina berusia 22 tahun, ayahnya meninggal.Samanid dynasty menuju keruntuhannya pada Desember 1004. Ibnu Sina menolak pemberian Mahmud of Ghazni, dan menuju kearah Barat ke Urgench di Uzbekistan modern, dimana vizier, dianggap sebagai teman seperguruan, memberinya gaji kecil bulanan. Tetapi gajinya kecil, sehingga Ibnu Sina mengembara dari satu tempat ke tempat lain melalui distrik Nishapur dan Merv ke perbatasan Khorasan, mencari suatu opening untuk bakat - bakatnya. Shams al-Ma'äli Qäbtis, sang dermawan pengatur Dailam, seorang penyair dan sarjana, yang mana Ibn Sina mengharapkan menemukan tempat berlindung, dimana sekitar tahun (1052) meninggal dibunuh oleh pasukannya yang memberontak. Ibnu Sina sendiri pada saat itu terkena penyakit yang sangat parah. Akhirnya, di Gorgan, dekat Laut Kaspi, Ibnu Sina bertamu dengan seorang teman, yang membeli sebuah ruman didekat rumahnya sendiri idmana Ibnu Sina belajar logika dan astronomi. Beberapa dari buku panduan Ibnu Sina ditulis untuk orang ini ; dan permulaan dari buku Canon of Medicine juga dikerjakan sewaktu dia tinggal di Hyrcania.
Kematian
Ibnu Sina wafat pada tahun 1037 M di Hamadan, Iran, karena penyakit maag yang kronis. Ia wafat ketika sedang mengajar di sebuah sekolah. saat itu dia sedang sakit parah tetapi tetap saja bersikeras utuk mengajar anak-anak, saat dia wafat anak-anak itu merasa beruntung sekali mempunyai kesempatan untuk bertemu ke ibnu sina untuk terakhir kalinya karena saat akan dibawa ke rumah dia sudah kehilangan nyawa dan tidak dapat ditolong
Karya Ibnu Sina
•Qanun fi Thib (Canon of Medicine)(Terjemahan bebas:Aturan Pengobatan)
•Asy Syifa (terdiri dari 18 jilid berisi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan)
•An Najat


Ibnu Rusyd ( 1126 M/250 H-1198 M/595 H)
Ibnu Rusyd dilahirkan pada tahun 1126 M/ 250 H di Spanyol. Beliau wafat pada tahun 595 H/ 1198 M dalam usia 72 tahun di Maroko. Nama lengkapnya Abu Wahid Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Rusyd. Orang barat menyebutnya Averroes. Beliau dikenal sebagai perintis ilmu kedokteran umumserta perintis ilmu jaringan tubuh ( Histology ). Karyanya yang terkenal Al Kuliyat fit Thib ( Aturan-Aturan Umum Ilmu Kedokteran ) yang terdiri dari 16 jilid.

Ar-Razi ( 251 H-320 H )
Ar-Razi bernama lengkap Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar-Razi. Di dunia Barat beliau dikenal dengan nama Rhazes. Beliau lahir di Ray, dekat Teheran pada tahun 251 H dan wafat pada tahun 320 H. Beliau terkenal sebagai dokter pertama dalam pengobatan secara ilmu jiwa, yakni pengobatan yang dilakukan dengan memberi sugesti bagi para penderita psikosomatis ( penderita gangguan emosi dan mental ).

Justus von Liebig ( 1803-1873 )
Justus von Liebig mendirikan laboratorium pengajarannya di jerman pada tahun 1839. Liebig menekankan pentingnya unsur-unsur anorganik, seperti fosfor dan kalium dalam merangsang pertumbuhan tumbuh-tumbuhan. Semangatnya yang besar terhadap kimia telah membantu dimulainya industri pupuk yang telah menciptakan revolusi dibidang pertanian.

Sir William Henry Perkins ( 1838-1907 )
Sir William Henry Perkins, pada tahun 1856 berhasil menyintesis pewarna buatan untuk pertama kalinya. Pekins berhasil menyintesis warna lembayung (ungu) muda. Bersama ayah dan saudara laki-lakinya, Perkins membangun pabrik yang memproduksi pewarna buatan.

Al-Khawarizmi ( 780 M-850 M )
Muhammad bin Mūsā al-Khawārizmī (Arab: محمد بن موسى الخوارزمي) adalah seorang ahli matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang berasal dari Persia. Lahir sekitar tahun 780 di Khwārizm (sekarang Khiva, Uzbekistan) dan wafat sekitar tahun 850. Hampir sepanjang hidupnya, ia bekerja sebagai dosen di Sekolah Kehormatan di Baghdad

Buku pertamanya, al-Jabar, adalah buku pertama yang membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Sehingga ia disebut sebagai Bapak Aljabar. Translasi bahasa Latin dari Aritmatika beliau, yang memperkenalkan angka India, kemudian diperkenalkan sebagai Sistem Penomoran Posisi Desimal di dunia Barat pada abad ke 12. Ia merevisi dan menyesuaikan Geografi Ptolemeus sebaik mengerjakan tulisan-tulisan tentang astronomi dan astrologi.
Kontribusi beliau tak hanya berdampak besar pada matematika, tapi juga dalam kebahasaan. Kata Aljabar berasal dari kata al-Jabr, satu dari dua operasi dalam matematika untuk menyelesaikan notasi kuadrat, yang tercantum dalam buku beliau. Kata logarisme dan logaritma diambil dari kata Algorismi, Latinisasi dari nama beliau. Nama beliau juga di serap dalam bahasa Spanyol Guarismo dan dalam bahasa Portugis, Algarismo yang berarti digit.
Al-Khawarizmi hidup dari tahun 780-850 M. Beliau adalah peletak dasar ilmu matematika dengan karyanya yang terkenal Al-Jabru wal Muqabbala. Dari buku itu kita mengenal ilmu aljabar yang diajarkan di berbagai sekolah di dunia, termaksud di Indonesia, yang kini diubah menjadi matematika. Beliau inilah yang menemukan angka nol. Beliau juga dikenal sebagai Bapak Aljabar.
Ibnu Haitsam
Kitab karangannya yang terkenal adalah:
• Qaulun fi Halli Masalatil ‘Adadiah
• Muqaddimah Dalilul Musaba
• Ta’liqun fil Jabr

Jamsyid Giatsuddin Al-Kasyi
Jamsyid hidup pada abad ketujuh di kota Samarkand, salah satu provinsi di Uzbekistan. Jamsyid adalha ulama yang sangat pandai dalam bidang ilmu agama dan ilmu pengetahuan. Beliau seorang profesor dalam bidang matematika dan astronomi di Universitas Samarkand. Beliaulah peletak dasar aritmatik ( ilmu hitung ) yang dilakukan atas dasar slide rule yang idanngap sebagai penemuan ilmiah paling penting dalam matematika pada abad sekarang ini. Buku karangannya yang terkenal adalah Makhtutu Miftahil Hisab.

Sabit bin Qurrah Al-Hirany
Kitab karangannya yang terkenal adalah:
• Hisabul Ahillah
• Kitabul Adad

Ednardo Lucas
Ednardo Lucas adalah seorang ahli matematika yang telah menemukan Menara Hanoy pada tahun 1883. Alat peraga ini yang kemudian dijual sebagai alat permainan.

Blaise Pascal ( 1632-1662)
Blaise Pascal ( 1632-1662) adalah matematikawan dan juga fisikawan dari Perancis, kelahiran Clermount, 19 Juni 1623. Pada usia 18 tahun ia menciptakan kalkulator digital pertama kali didunia.
Ia menyusun pola bilangan yang sangat unik, yaitu segitiga pascal. Seorang penjudi berkebangsaan inggris bernama Chevalier de Mere minta pertolongan kepada Blaise Pascal. Pertolongan yang diharapkan oleh Chevalier de Mere tidak lain adalah bagaimana caranya agar ia memperoleh kemenangan di meja perjudian. Saran-saran dari Blaise Pascal ini, merupakan dasar-dasar teori peluang.
Dasar-dasar tori peluang ini selanjutnya dikembangkan oleh Pierre de Fermat ( 1601-1655 ). Teori Peluang yang ada pada saat lahirnya dianggap sebagai ilmu haram, namun dalam perkembangannya banyak mendapat restu dari para ahli matematika. Bahkan saat ini, teori peluang dapat memberikan nilai tambah dan memegang peran penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ilmu-ilmu sosial modern dan lain-lain.
Dengan eksperimennya bermain-main dengan air, ia berhasil menemukan hukum Pascal.

Fibonacci ( 1180- 1250 )
Fibonacci mempunyai nama lengkap Leonardo Of Pisa. Dalam Perjalanannya ke Eropa dan Afrika Utara, ia mengembangkan kegemarannya akan bilangan. Dalam karya terbesarnya, Liber Abaci, ia menjelaskan suatu teka-teki yang membuatnya kepada apa yang sekarang dikenal sebagai barisan bilangan Fibonacci. Barisannya adalah 1,2,3,5,8,13,21,…… . Setiap bilangan dalam barisan ini merupakan jumlah dari dua bilangan sebelumnya (1 + 1 = 2, 1 + 2 = 3, 2 + 3 = 5, ….). BArisan Fibrinocci bias diteliti dalam susunan daun bunga atau dalam segmen-segmen dalam buah nanas atau biji cemara.

Karl Friedrech Gauss ( 1777-1855 )
Seorangan matematikawan Karl Friedrech Gauss ketika disekolah dasar, gurunya meminta dia untuk menjumlahkan seratus bilangan asli pertama. Gauss memberikan jawaban dalam beberapa detik.

Johan Gauss
Banyak orang mengatakan, Johan Gauss adalah seorang jenius dalam aritmatika.
Ketika ia berusia 9 tahun, seorang guru menyuruh murid-murid menjumlahkan deretan bilangan 1 + 2 + 3 + ….+ 40. Gauss hanya memerlukan waktu beberapa saat saja untuk memperoleh jawaban (820), bahkan tanpa menulis sesuatu. Ia mendapat jawaban dalam otaknya dengan menyadari jumlah itu dapat dipikirkan sebagai berikut :
(1 + 40) + (2 + 39 ) + …. + (20 + 21) = 41 + 41 + …. + 41 = 20 X 41 = 820.
Raja sangat kegum akan kemampuan Gauss muda sehingga Raja bersedia membayar biaya pendidikannya. Akhirnya Gauss menjadi salah satu ahli Matematika terkemuka di dunia. Ia juga meniggalkan hasil karyanya dalam bidang astronomi, pengukuran tanah, dan elektromagnetisme.

P. G. Lejeune Dirichet
P. G. Lejeune Dirichet adalah seorang matematikawan Perancis yang diberikan penghargaan atas penemuan definisi Fungsi. Ia hidup sekitar abad ke 18 M.

Rene Descartes
Rene Descartes adalah matematikawan Prancis yang memperkenalkan teori persamaan dan yang pertama sekali menggunakan huruf-huruf terakhir dari alfabet untuk menunjukkan variabel yang tak diketahui dan huruf-huruf pertama alfabet untuk menunjukkan variabel yang diketahui. Ia hidup sekitar abad ke 16 M.

Pythagoras
Phythagoras adalah seorang matematikawan Yunani yang pertama sekali menemukan teori Phytagoras. Ia hidup sekitar abad ke 6 SM.

George Cantor
George Cantor adalah matematikawan berkebangsaan jerman yang pertama kali memperkenalkan konsep himpunan. Ia hidup sekitar abad ke 18 M.

John Venn
John Venn adalah matematikawan yang pertama kali memperkenalkan Diagram Venn. Ia berkebangsaan Inggris yang hidup sekitar abad ke 18 M.

John Napier
John Napier adalah seorang matematikawan asal Scotlandia yang pertama sekali menemukan Logaritma. Ia hidup sekitar abad ke 16 M.

Thales ( 624 SM-546 SM )
Seorang ahli Matematika Yunani, Thales, mengungkapkan gagasan yang fenomenal. Ia dapat menghitung tinggi Piramida dari Panjang bayagan suatu tongkat.
Thales menggunakan kenyataan bahwa segitiga besar ABC yang dibentuk oleh Piramida dan bayangannya, sebagun dengan segitiga kecil DCE yang dibentuk oleh tongkat dan bayagannya, oleh karena itu, diperoleh persamaan AB/BC = DC/CE
Thakes dapat mengukur pangjang BC, CD, dan CE. Dengan demikian, ia dapat meghitung tinggi piramida menggunakan persamaan tersebut.

Edward Waring ( 1743-1798 )
Setiap bilangan bulat merupakan bilangan pangkat tiga dari bilangan itu sendiri atau merupakan jumlah dari beberapa bilangan pangkat tiga. Pernyataan ini diungkapkan oleh seorang Matematikawan Inggris, Edward Waring, pada tahun 1770. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan kebenarannya. Jika diambil sebarang bilangan bulat, bilangan tersebut dapat dinyatakan sebagai bilangan berpangkat tiga.
Misalnya
3 = 43 + 43 + (-5)3 dan
20 = 43 + 43 + (-3)3 + (-3)3 + (-3)3 + (-3)3.

Al Biruni
Al Biruni dilahirkan pada tahun 973 M. Beliau adalah seorang ilmuwan muslim yang meletakkan dasar-dasar ilmu perbintangan modern. Beliaulah yang menentukan garis khayal pada bumi yang disebut garis lintang dan garis bujur. Beliau juga berhasil menentukan berat jenis 18 macam batu permata.

Al Kindi
Al Kindi dilahirkan pada tahun 809 M. Nama lengkapnya Abu Yusuf Ya’kub bin Ishak Al Kindi. Beliau adalah seorang ahli di bidang astronomi dan filsafat. Orang barat menyebutnya Al Kindus. Karyanya yang terkenal adalah Asy Syafaat, Risalah fi Fashlayn, dan Risalah fi Masali Suila min Ahwal Kawakib.

Abu Abdillah Al-Qazwaini
Abu Abdillah Al-Qazwaini dilahirkan pada abad ketujuh hijriah. Beliau terkenal sebagai seorang ulama dan ahli dalam bidang sejarah. Kitab yang dikarangnya merupakan kitab terbaik pada masanya dengan judul, Asarul Bilad wa Akhbarul Ibad. Beliau meneliti sesuai dengan judul kitabnya, yaitu tabiat negara atau daerah dan apa yang terkenal, disamping menyelidiki keadaan penduduk dan kehidupannya. Al-Qazwaini juga telah mendahului ilmu modern dalam rincian ilmiah pada kitabnya itu.


Abu Ar-Raihan Al-Bairuni
Al-Bairuni dilahirkan pada tahun 364 M dan hidup selama 75 tahun. Beliau telah menyusun kitab Al-Atsar Al-Baqiah yang merupakan kitab pertama didunia yang meneliti tentagn sejarah, perbedaan bulan, tahun, penaggalan, sebab, dan cara mengistibatkannya. Kitab lain yang terkenal adalah Tahqiqu Ma Lil Hindi Min Ma’qulah MaqBulatun Fi ‘Aqli Au Marzulah, dianggap kitab yang mengadakan studi tentang india secara lengkap. Di dalamnya dijelaskan sifat-sifat alamnya, tanahnya, cuacanya, adat penduduknya, pertumbuhannya, dan asal usulnya.

Max Iver
Max Iver mengemukakan bahwa perubahan social berarti perubahan dalam hubungan social atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan social (dalam buku A Text Book of Sociology).

Gillin
Gillin menyatakan bahwa perubahan social merupakan variasi cara-cara hidup yang telah diterima baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposis penduduk, ideology, maupun karena adanya difusi ataupun penemuan baru dalam masyarakat.

Selo Soemardjan ( 1915- 2003 )
Selo Soemardjan Lahir di Yogyakarta, 23 Mei 1915 – meninggal di Jakarta 11 Juni 2003. Ia merupakan perintis perkembangan sosiologi di Indonesia. Karenanya ia dikenal sebagai “Bapak Sosiologi” Indonesia. Pernah menjadi camat (1940-1943) di kabupaten kulon progo, kesutanan Yogyakarta. Pada tahun 1956 memperoleh kesempatan menuntut ilmu di cornell University, Amerika Serikat dan memperoleh gelar doktornya di bidang Sosiologi pada tahun 1959 dengan disertai buku yang berjudul Social Changes in Yogyakarta. Karyanya ini telah diterjemahkan ke dalam bahsa Indonesia dengan judul Perubahan Sosial di Yogyakarta (1981). Kemudian beliau mengajar sosiologi di Universitas Indonesia (UI), mendirikan sekaligus menjadi dekan pertama Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan (kini FISIP UI). Tahun 1972 bersama rekan-rekannya mendirikan Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIIS) dan tahun 1980 ikut membidani lahirnya Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI).

Auguste Comte ( 1798-1857 )
Auguste Comte merupakan seorang sarjana Prancis dan lebih dikenal sebagai “Bapak Sisiologi”. Dalam melihat perubahan yang terjadi di dalam masyarakat ia menyimpulkan bahwa masyarakat berubah memlalui tiga tahap perkembangan, yaitu:
a) Tahap teologis (theological stage).
b) Tahap metafisi (methaphysical stage).
c) Tahap positif atau tahap ilmiah (positive atau scientific stage).

Herbert Spencer ( 1820-1903)
Herbert Spencer lahir di Derby, 27 April 1820 – meninggal di Brington, 8 Desember 1903. Adalah seorang ahli filsafat Inggris. Ia mengembangkan system filsafat dengan aspek-aspek utiliterisme Jeremy Bentham, dan mendahului konsep-konseo Charles Darwin. Dialah yang menggunakan istilah the survival of the fittest. Dalam karyanya Social Statics (1850), ia membela pelajaran evolusi yang sama isinya seperti karya Darwin yang terbit kemudian. Ia menerbitkan Programme of a System of Syntetic Philosopy (1862-1896) yang meliputi biologi, psikologi, sosiologi, dan etika. Ia juga merupakan ilmuwan berkaliber besar dalam akhir abad ke-19 dan namanya selalu disebut sebagai tokoh ilmu evolusi sepanjang masa.


Lewis Henry Morgan ( 1818-1881 )
Lewis Henry Morgan lahir di Aurora 21 November 1818 – Meninggal di Rochester, 17 Desember 1881. Ahli antropologi Amerika serikat yang terkenal Karena telaahnya mengenai hubungan kekeluargaan, dalam usahanya untuk membuktikan bahwa bangsa Amerind telah bermigrasi ke Amerika Utara, lebih lanjut untuk menentukan alas mula kediaman mereka. Metode dan hasil telaah yang sangat sukses menempatkannya sebagai bapak ilmu pengetahuan antropologi budaya. Karyanya, In Ancient Society (1877), menjadi dasar karya Marx dan Engeles, The Origin of The Family, Private Property and the State. Di antara karya lainnya, yaitu The League of the Ho-de-no-sau-nee or Iroquois (1851); System of Consanquity and Affinity of the Human Family (1871).

Karl Marx ( 1813-1883)
Karl Marx adalah seorang ahli filsafat Jerman penganut teori konflik. Marx memandang bahwa perubahan sosial sangat jelas bersifat evolusioner. Ia melihat adanya serangkaian tahap perubahan yang kompleksitas teknologinya semakin meningkat, dari tahap masyarakat pemburu primitive ke masyarakat industrialis modern.

Oswald Spengler ( 1880-1936 )
Oswald Spengler Seorang ahli filsafat Jerman berpandangan bahwa setiap peradaban besar mengalami proses pentahapan, yaitu kelahiran, pertumbuhan, dan keturunan. Proses perputaran itu memakan waktu sekitar seribu tahun. Pendapat Spengler menarik perhatian karena ramalan hari kiamatnya yang memukau dan dituankan dalam karyanya The Decline of the West (Keruntuhan Dunia Barat).

Pitirim Sorokin ( 1889-1968 )
Adalah sosiolog Amerika kelahiran Rusia. Dia mempeoleh pendidikan di Universitas St. Peterburg. Karena keterlibatannya dalam perjuangan antikomunis, dia ditahan dan dijatuhi hukuman mati. Hukuman itu kemudian diubah menjadi hukuman pembuangan, dan sesudah beberapa tahun di cekoslowakia, dia pergi ke AS pada tahun 1924. Di AS ia mengajar sosiologi di Universitas Harvard di mana dia mendirikan Center for Creative Altrusim. Karyanya antara lain Social Mobility (1927), Contemporary Sociological Theories (1928), Principles of Rural-Urban Sociology (1929) bersama Zimmerman dan Charles J. Galpin. Analisis Sorokin mengenai dinamika system-sistem social budaya yang terintegrasi secara luas dalam empat karangan utamanya, Social and Cultural Dynamic.

Arnold Toynbee ( 1889-1975 )
Sejarawan Inggris ini menilai bahwa peradaban besar berada dalam siklus kelahiran, pertumbuhan, keturunan, dan kematian. Toynbee dalam karyanya A Study of History (12 jilid) membagi sejarah dunia dalam 26 peradaban.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar